Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Viral! Jutaan Ikan Beterbangan di Pantai Tasikmalaya

Viral! Jutaan Ikan Beterbangan di Pantai Tasikmalaya

Sebuah video yang memperlihatkan ikan berukuran kecil hingga sedang beterbangan dan menyerbu tepi pantai selatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, viral di media sosial.

Fenomena alam ini mengundang beragam komentar netizen. Mereka mengaitkannya dengan pertanda bencana alam, terutama terkait dengan gempa megathrust.

“Masya Allah, tapi hati-hati ya dan tetap waspada. Takutnya ada banjir bandang,” kata netizen.

“Takjub sekaligus takut, lagi rame megathrust liat video ini. Mungkin ada hubungannya,?” timpal netizen lainnya.

Kembali ke Sekolah dengan Rekomendasi Buku Anak-Anak Ini

Sebelumnya, Dedi Mulyadi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya, membenarkan fenomena langka ini terjadi pada Senin (26/8/2024).

“Aneh makanya, biasanya kalau kemarau panjang. Ini kan baru dua minggu. Mungkin isu megathrust atau hal biasa. Tapi kenyataannya memang ikan japuh pada ke pinggir. Kadang malam kadang sore, kadang pagi. Hanya Allah yang Maha Tahu,” kata Dedi.

“Iya di Garut juga terjadi ikan ke pinggir ini,” tambahnya.

Memang belakangan ini. Zona Megathrust beberapa netizen yang menduga hal ini dengan megathrust tampaknya mengaitkan peristiwa ini dengan informasi tentang potensi gempa megathrust di beberapa zona di Indonesia, termasuk di Jawa Barat dan Selat Sunda-Banten, yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Munculnya kembali pembahasan potensi gempa di zona megathrust saat ini bukanlah bentuk peringatan dini (warning) yang seolah-olah dalam waktu dekat akan segera terjadi gempa besar. Tidak demikian,” kata BMKG dalam keterangan tertulis.

“Sekali lagi, informasi potensi gempa megathrust yang berkembang saat ini sama sekali bukanlah prediksi atau peringatan dini, sehingga jangan dimaknai secara keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat,” demikian disampaikan BMKG seperti dikutip dari terkenal

 Kemunculan jutaan ikan di pesisir pantai Tasikmalaya dikaitkan dengan tanda-tanda kemungkinan gempa besar dan tsunami. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Wilayah Jawa Barat terletak di zona subduksi megathrust.

Peristiwa 'ikan terbang' ini dilaporkan terjadi di sepanjang pantai selatan Priangan Timur dan Pantai Cipatujuh, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, pada minggu lalu.

Kejadian tersebut menjadi viral di media sosial setelah sebuah video menunjukkan sekelompok warga mencoba menangkap 'ikan terbang' itu.

Dedi Mulyadi, perwakilan Persatuan Nelayan Indonesia (NHSI) Kabupaten Tasikmalaya, mengungkapkan bahwa kejadian serupa tidak hanya terjadi di pesisir pantai Cipatujah, tetapi juga di sepanjang pantai Pangandaran, Tasikmalaya, hingga Santolo Garut.

Menurutnya, fenomena aneh semacam ini memang sering terjadi, namun kali ini jumlahnya cukup banyak, terutama karena terjadi pada musim kemarau panjang.

“Mulai ada kekhawatiran apakah fenomena ini bisa menjadi peringatan dini terhadap kejadian aneh lainnya di dasar laut,” ujarnya. 

BMKG juga telah mengidentifikasi beberapa wilayah di Jawa Barat yang berpotensi terdampak gempa megathrust. Jika gempa tersebut terjadi, diperkirakan akan menyebabkan kerusakan parah dan berpotensi memicu tsunami.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved