Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Viral Dugaan Calon Pegawai RS Medistra Dilarang Gunakan Hijab

Viral Dugaan Calon Pegawai RS Medistra Dilarang Gunakan Hijab

 Viral di media sosial dugaan Rumah Sakit (RS) Medistra Jakarta Selatan melarang calon pegawainya menggunakan hijab, jika nantinya diterima sebagai pegawai. Hal ini berawal dari postingan seorang dokter yang mempertanyakan terkait aturan yang berlaku di RS tersebut. 

“Selamat Siang para Direksi yang terhormat. Saya ingin menanyakan terkait persyaratan cara berpakaian di RS Medistra. Beberapa waktu lalu, asisten saya dan juga kemarin kerabat saya mendaftar sebagai Dokter Umum di RS Medistra. Kebetulan keduanya menggunakan Hijab. Ada pertanyaan terakhir di sesi wawancara. Menanyakan terkait performance dan RS Medistra merupakan RS Internasional, sehingga timbul pertanyaan Apakah bersedia membuka Hijab jika diterima,” tulis Diani Kartini dalam surat yang beredar, Minggu (1/9/2024). 

Diani menilai aturan itu sangat rasis. Dia menyayangkan peraturan tersebut diterapkan di RS Medistra. Menurut dia, jika RS Medistra berstandar internasional seharusnya sudah tidak ada lagi rasis. Ia mengatakan, bahwa RS di Jaksel yang jauh lebih ramai dari RS Medistra masih banyak yang memberlakukan hijab. 

“Salah satu RS di Jakarta Selatan, jauh lebih ramai dari RS Medistra, memperbolehkan semua pegawai (baik perawat, dokter umum, spesialis dan sub spesialis menggunakan hijab). Jika RS Medistra memang RS untuk golongan tertentu, sebaiknya jelas dituliskan saja kalau RS Medistra untuk golongan tertentu sehingga jelas siapa yang bekerja dan datang sebagai pasien,” tulis surat itu lagi. 

Diani kemudian mempertanyakan, apakah ada standar gandar cara berpakaian untuk perawat, dokter umum, dokter spesialis dan sub spesialis di RS Medistra? Diani mengaku kecewa karena dalam sesi wawancara calon pegawai muncul peraturan yang seakan melarang calon pegawai untuk menggunakan hijab jika nantinya di terima. 

“Terima kasih atas perhatiannya. Hormat saya. Dr. dr. Diani Kartini, SpB., Subsp.Onk(K),” tulis surat itu. 

Dilansir dari situs resmi RS Medistra, rumah sakit ini merupakan rumah sakit skala nasional dengan misi dan visi pelayanan paripurna. RS Medistra menggunakan standar tertinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. 

“Kami bangga menjadi Rumah Sakit yang dirancang, dibangun dan selama ini dikelola sepenuhnya oleh putra-putri Indonesia,” tulis situs itu. 

Selain itu sejak awal pendiriannya, RS Medistra memiliki komitmen kuat untuk menjadi rumah sakit umum rujukan nasional, regional dan internasional yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien, berdasarkan kejujuran, profesionalisme dan rasa hormat terhadap sesama. 

Adapun RS Medistra dibangun pada 28 November 1991 dengan dukungan dokter-dokter kompeten di bidang masing-masing, staf yang terlatih dan peralatan medis yang modern dan canggih seperti dikutip dari erakini


Sebelumnya, sebuah surat yang ditulis oleh Dr. dr. Diani Kartini, seorang dokter spesialis bedah onkologi, kepada RS Medistra Jakarta Selatan, viral di media sosial.

Dalam surat tersebut, Dr. Diani memprotes dugaan larangan bagi pegawai untuk berhijab di rumah sakit tersebut.

Sebagai bentuk protes dan kekecewaannya terhadap kebijakan manajemen RS Medistra, Dr. Diani memutuskan untuk berhenti bekerja di rumah sakit tersebut.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani, dengan tegas menyatakan bahwa RS Medistra tidak boleh mencoba-coba melanggar hak asasi manusia (HAM) dengan memberlakukan kebijakan larangan

GoRiau Surat protes yang ditulis Dr d

Achmad Yani meminta agar Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta segera melakukan investigasi terkait dugaan pelanggaran ini, yang menurutnya sudah jelas merupakan pelanggaran HAM dan etika.

Achmad Yani juga meminta manajemen RS Medistra untuk segera memberikan klarifikasi dan penjelasan terkait kasus ini, karena masalah tersebut telah menimbulkan keresahan di masyarakat.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved