Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Misteri Terungkap! Siapa Pemimpin G30S? Cari Tahu Kebenarannya di Sini

 Pada tahun 1965 silam, Indonesia mengalami peristiwa kelam yang dikenal sebagai Gerakan 30 September (G30S). 

Gerakan ini melibatkan pembunuhan enam perwira tinggi militer Indonesia serta beberapa orang lainnya. 

Peristiwa ini merupakan salah satu pergolakan terbesar yang dihadapi Indonesia setelah meraih kemerdekaan.

Bicara soal G30S , ternyata sebagian ada yang belum tahu siapa pemimpin G30S dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Sejarah G30S

G-30-S adalah salah satu pengkhianatan terbesar dalam sejarah Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada malam hari, tepatnya di antara tanggal 30 September dan 1 Oktober. Tragedi ini melibatkan Pasukan Cakrabirawa dan Partai Komunis Indonesia (). 

Tujuan utama gerakan ini adalah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara yang menganut sistem komunis.

Gerakan ini dipimpin oleh DN Aidit, yang saat itu menjabat sebagai ketua . Pada dini hari 1 Oktober 1965, Letkol Untung, anggota Pasukan Pengawal Istana (Cakrabirawa), memimpin pasukan yang setia kepada dan menargetkan Perwira Tinggi TNI AD. 

Mereka menangkap enam perwira tinggi, dengan tiga di antaranya dibunuh di rumah mereka.

Dalang di Balik G-30-S

Ada beberapa tokoh yang diduga menjadi otak di balik G-30-S , berdasarkan kutipan dari buku "30 Tahun Angkatan Bersenjata Republik Indonesia" terbitan 1976. Tokoh-tokoh penting tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. D.N Aidit  

Sebagai Ketua Umum Comite Central , ia melarikan diri ke Solo, Jawa Tengah setelah gerakan ini terbongkar. 

Meskipun pada awalnya Presiden Soekarno tidak mengambil tindakan hukum terhadapnya, pada akhirnya, Presiden memberikan kuasa kepada TNI untuk menumpas. 

Di bawah komando Mayor Jenderal TNI Soeharto, G-30-S dinyatakan sebagai gerakan yang didalangi oleh , dan D.N Aidit pun ditangkap serta dieksekusi di sebuah sumur tua di Boyolali, Jawa Tengah.

2. Syam Kamaruzaman  

Syam Kamaruzaman, Ketua Biro Khusus , juga diduga sebagai dalang G-30-S. Ia memimpin biro khusus yang merupakan organisasi rahasia di dan bertujuan untuk menyusup ke dalam TNI dan mempengaruhi tentara berhaluan kiri. 

Setelah gerakan ini terbongkar, ia ditangkap di Cimahi, Jawa Barat, pada 9 Maret 1967, diadili, dan dijatuhi hukuman mati pada tahun 1986.

3. Letnan Kolonel Untung Syamsuri  

Selain tokoh dari , ada juga tokoh internal pemerintahan yang terlibat, yaitu Letnan Kolonel Untung Syamsuri, yang merupakan Komandan Batalyon KK I Cakrabirawa, pasukan pengawal Presiden Soekarno. 

Ia diduga menjadi penggerak pasukan Cakrabirawa untuk menculik dan membunuh sejumlah anggota TNI AD. 

Mayat mereka kemudian dibuang ke sumur tua di Lubang Buaya. Setelah peristiwa ini, Untung Syamsuri melarikan diri ke Brebes, Jawa Tengah, namun akhirnya ditangkap dan dieksekusi mati pada tahun 1966.

Peristiwa G-30-S ini menandai salah satu babak paling suram dalam sejarah Indonesia, yang berdampak besar pada masa depan politik dan sosial negara ini.

Sumber Berita / Artikel Asli: suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved