Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi Kembali Kendarai Innova Zenix Saat Kunker di Surabaya, Biar Terkesan Merakyat?

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menggunakan mobil Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan operasional selama kunjungan kerja di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 5-6 September 2024.

Hal tersebut berdasarkan video yang diterima dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta, Kamis malam (5/9/2024), dilansir dari Antara.

Dalam video tersebut, tampak Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di salah satu hotel di Kota Surabaya dengan menggunakan Toyota Innova Zenix hitam dengan nomor polisi Indonesia 1 lengkap dengan bendera merah putih yang terpasang di kap mobil.

Kepala Negara yang memakai kemeja biru lengan panjang tersebut langsung disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang telah menunggunya di lobi hotel.

Adapun, terkait kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Surabaya, Yusuf mengatakan Presiden direncanakan akan meresmikan Gedung Rumah Sakit Kemenkes Surabaya, meninjau pasar hingga meresmikan Jalan Layang (Flyover) Djuanda, jembatan, dan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Jawa Timur bagian utara

Langkah Presiden menggunakan Toyota Innova Zenix layaknya kendaraan yang ditumpangi Paus Fransiskus selama kunjungan di Indonesia menyita perhatian publik karena itu bukan kendaraan dinas resmi yang biasa digunakan Presiden.

Gunakan Innova Zenix Usai Menerima Kunjungan Paus Fransiskus

Sebelumnya, Presiden menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix usai menerima Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9).

Kemudian, pada Kamis hari ini, Presiden juga menggunakan mobil tersebut untuk bertemu dengan Paus Fransiskus sebelum perhelatan Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, mengatakan penggantian kendaraan oleh Presiden merupakan hal yang biasa, utamanya dalam kegiatan yang bersifat incognito atau penyamaran.

Istana Analogikan Jokowi Pakai Innova Zenix Seperti Datang ke Acara Parpol

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menanggapi soal langkah Presiden Joko Widodo menggunakan Toyota Innova Zenix belakangan ini. 

Kendaraan jenis itu, seperti diketahui sebelumnya dipakai Paus Fransiskus selama kunjungan apostolik di Indonesia. 

Hasan menjelaskan bahwa mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi. 

“Itu bentuk penghormatan,” kata dia melalui pesan singkat kepada Tempo pada Kamis, 5 September 2024.

Founder Cyrus Network ini menganalogikan penggunaan Innova Zenix oleh Jokowi seperti saat Kepala Negara menghadiri acara-acara partai. 

Jokowi juga hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai yang dia datangi. 

“Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat,” kata Hasan. 

Ia kembali menegaskan bahwa Jokowi sendiri sudah sering menggunakan Toyota Innova Zenix dalam beberapa urusan pribadi.

Sebelumnya, foto tangkap layar Innova Zenix berwarna hitam berpelat RI-1 tersebar di grup perpesanan wartawan. 

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana sudah membenarkan kendaraan tersebut dinaiki Jokowi saat pulang ke Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu, 4 September 2024. 

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (privat), sering sekali beliau menggunakan kendaraan innova," kata Yusuf melalui pesan singkat pada Rabu malam. "Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medannya berat."

Pada Rabu pagi, Presiden Jokowi menerima kunjungan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta. Kepala negara memang terbiasa tinggal di Bogor. Namun, untuk urusan pekerjaan, Jokowi berkantor di Jakarta.

Paus Fransiskus menolak menggunakan mobil kepresidenan bermerek Mercedes-Benz. Paus ingin panitia menyiapkan mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat di Jakarta. 

Hal ini terlihat saat Fransiskus menuju Bandara Soekarno Hatta menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta Pusat. Begitu juga saat Paus bertemu dengan Jokowi di Istana Jakarta.

Sejak April 2024, ketika Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan bertandang ke Indonesia, Nuntio Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia mempersiapkan segala kebutuhan kedatangan Paus.

Nuntio Apostolik di Indonesia telah berkomunikasi dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sebagai panitia penyelenggara perjalanan kerasulan Paus. 

Ketua KWI, Uskup Anton Subianto, mengatakan Nuntio beberapa kali menyampaikan pesan bahwa Paus menolak hal-hal yang eksklusif. 

Anton mencontohkan, soal tempat tinggal, Fransiskus meminta agar panitia menyiapkan kamar istirahat yang sederhana. 

“Paus akan tinggal di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia. Di sana ada satu kamar yang disiapkan. Kamarnya biasa, sederhana, tapi bersih,” kata Anton saat dihubungi pada Senin, 26 Agustus 2024 seperti dikutip dari liputan6

Sebelumnya, Presiden menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix usai menerima Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9). Kemudian, pada Kamis hari ini, Presiden juga menggunakan mobil tersebut untuk bertemu dengan Paus Fransiskus sebelum perhelatan Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Sebelumnya, Presiden menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix usai menerima Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9). Kemudian, pada Kamis hari ini, Presiden juga menggunakan mobil tersebut untuk bertemu dengan Paus Fransiskus sebelum perhelatan Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved