Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ini Nama Ayah di Akta Kelahiran Iqbal Ramadhan Anak Machica Mochtar, Bukan Jenderal Era Orba?

Ini Nama Ayah di Akta Kelahiran Iqbal Ramadhan Anak Machica Mochtar, Bukan Jenderal Era Orba?

Pengakuan anak Machica Mochtar, Muhammad Iqbal Ramadhan, yang sempat ditangkap aparat usai mengikuti demonstrasi pada Kamis (22/8/2024) tengah disorot. Pasalnya Iqbal mengaku tidak membuka jati dirinya sebagai anak Jenderal TNI di era orde baru sekalipun terdesak di depan aparat.

"Memang benar ayah saya seorang Jenderal TNI dan pejabat tinggi pada era orde baru. Namun saya terlahir dari rahim seorang perempuan, seorang ibu yang penuh perjuangan. Ibu saya harus bekerja keras mencari nafkah dan merawat saya tanpa kehadiran sosok ayah," ujar Iqbal di unggahan akun X @/MichelAdam7__.

Muhammad Iqbal Ramadhan anak Machica Mochtar. (X/@MichelAdam7__)

"Saya tidak pernah menggunakan nama besar almarhum ayah saya untuk kepentingan pribadi. Saya menjaga rapat latar belakang kedua orang tua saya, bahkan ketika saya pada situasi yang sangat mengerikan di hadapan angkatan bersenjata," imbuhnya, dikutip pada Kamis (29/8/2024).

Sosok Iqbal memang pernah disorot karena disebut-sebut sebagai buah hati pernikahan siri Machica Mochtar dan Moerdiono, seorang Letnan Jenderal TNI yang pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara. 

 


Statusnya sebagai anak dari pernikahan siri Machica dan Moerdiono sempat viral sekitar tahun 2010, yang berujung membuat Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi atau judicial review dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Meski begitu, akta kelahiran Iqbal tampaknya tidak dilengkapi dengan nama Moerdiono sebagai ayah kandungnya. Hal ini terungkap lewat cerita Machica di salah satu program televisi yang dipandu Desy Ratnasari. 

"Kita ini kan orang yang nggak pernah tahu kehidupan yang seperti apa. Ketika saya melahirkan Iqbal, Pak Moer kan masih menjabat sebagai Mensesneg. Jadi waktu melahirkan itu (Machica bertanya), 'Jadi nama yang mau di surat kelahiran ini siapa sebagai bapaknya?'" tutur Machica di video unggahan akun TikTok @/kontenviralcom.

Saat itu Machica rupanya pasrah dan menerima saja apa pun arahan sang suami siri, termasuk ketika diminta mencantumkan nama keluarganya sebagai ayah kandung Iqbal.

"Apa pun namanya suami kan saya mengikut saja, 'Udah pakai saja dulu namanya Agus Ibrahim', namanya om saya. Ya saya sih nggak pernah berpikir bahwa akan ada (huru-hara) seperti itu," jelas Machica.

Baca Juga: Terima Disiksa Aparat, Anak Machica Mochtar Ogah Manfaatkan Nama Besar Ayahnya yang Jenderal TNI

"Saya polos saja. Suami saya baik, dia sangat perhatian, apa yang harus saya takutkan, dia orang yang sangat bertanggung jawab, artinya tidak ada anak saja dia begitu perhatian sama saya dan keluarga," lanjutnya seperti dikutip dari suara

Iqbal Dididik agar Tak Sombong

Semua tindakan Iqbal tersebut ternyata tak terlepas dari didikan orang tuanya. Kedua orang tua Iqbal memberinya didikan agar bersikap adil dan penuh kasih serta berguna bagi masyarakat.

Selain itu, Iqbal kini juga menikmati kariernya sebagai seorang praktisi hukum. Iqbal tercatat sebagai junior associate di di Budi & Partners Law Office sebagai seorang advokat.

Ia sebelumnya menempuh studi di Universitas Al Azhar Indonesia untuk mengejar gelar Sarjana dan Magister Hukum seperti dikutip dari suara

Curhatan Muhammad Iqbal Ramadhan yang mengaku dilecehkan dan dianiaya oleh aparat saat mengikuti aksi demo tolak RUU Pilkada banyak menuai sorotan publik di media sosial. Lantas, siapa Muhammad Iqbal Ramadhan korban polisi brutal saat demo RUU Pilkada?

Melansir unggahan Instagram-nya @iqbalramadhaannn pada Kamis (28/8/2024), Iqbal menceritakan awal mula kejadian ketika dirinya mengalami pelecehan dan dianiaya aparat kepolisian. Iqbal menjelaskan enggan menyebutkan nama besar orang tua untuk menghentikan aksi aparat yang dengan brutal menyiksanya. Seperti diketahui, Iqbal Ramadhan adalah putra dari pasangan Letnan Jenderal TNI (Purn) Moerdiono dan Machica Mochtar.

Iqbal bahkan tidak sedikit pun terpikir untuk menggunakan nama besar orang tuanya agar diberikan pengampunan oleh aparat. Sebaliknya, Iqbal Ramadhan justru ingin mengetahui bagaimana rasanya jadi masyarakat kecil yang ditangkap oleh polisi karena menuntut haknya. Dalam kehidupan sehari-harinya pun, Iqbal tidak hidup dalam kemewahan atau kekuasaan.

Kebiasaan ini tak lain merupakan didikan dari Machica Mochtar yang selalu mengajari Iqbal untuk bersikap adil dan penuh kasih. Penyanyi legendaris Tanah Air ini justru berharap putranya itu berguna bagi masyarakat dan memperjuangkan hak-hak rakyat kecil.

Karena unggahan di akun Instagram-nya itu, sosok Iqbal sontak menuai sorotan. Tak sedikit netizen penasaran dengan profil Iqbal Ramadhan yang ternyata berkarier di bidang hukum.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved