Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo Janji Menjaga Kepentingan Nasional dalam Menangani Papua

 

Presiden terpilih Prabowo Subianto menunjukkan sikap tegas terkait kebijakan pemerintahannya tentang Papua saat wawancara eksklusif dengan program "Talk to Al Jazeera" yang ditayangkan pada Senin, 13 Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menghadapi pertanyaan tajam mengenai dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh militer Indonesia di Papua.

Ketika ditanya tentang insiden di Papua, Prabowo merespons dengan menyebut bahwa serangan terhadap warga sipil oleh kelompok yang ia sebut sebagai teroris lebih memprihatinkan.

"Teroris ini yang menyerang rakyat mereka sendiri, membakar sekolah-sekolah, dan membunuh warga sipil. Anda berbicara tentang satu insiden warga sipil Papua dilukai TNI. Apakah Anda tahu bahwa mereka membunuh pekerja di jalan?" ucap Prabowo.

Menanggapi pernyataan Jessica Washington, pewawancara senior dari Al Jazeera, yang mengakui banyaknya insiden serupa, Prabowo menegaskan bahwa aksi terorisme tersebut melibatkan pembunuhan terhadap warga sipil tak bersenjata.

"Mereka menyandera orang yang belum mereka lepaskan, termasuk seorang warga sipil asing yang tidak bersenjata. Di mana kemarahan dari NGO atau pers asing?" tambah Prabowo.

Jessica mencoba menjelaskan bahwa pelaporan media bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap dari situasi di lapangan.

Namun, Prabowo menegaskan kembali komitmennya untuk melindungi rakyat Indonesia dan memastikan keamanan mereka.

"Kami akan memastikan keamanan rakyat kami karena mereka telah menyerang warga sipil berkali-kali dan kalian tidak melaporkannya," kata Prabowo dengan tegas.

Isu militerisasi di Papua juga dibahas, dengan Jessica menyampaikan pandangan beberapa kelompok kemanusiaan yang menginginkan pendekatan yang lebih lunak.

Prabowo menjawab, "Ini adalah wilayah nasional kami, kami tidak dipandu oleh NGO, kami akan dipandu oleh kepentingan nasional kami."

Dalam wawancara tersebut, muncul juga pertanyaan mengenai janji pemerintahan Jokowi untuk mengizinkan pengamat PBB masuk ke Papua.

Meskipun kunjungan tersebut belum terealisasi, Prabowo menyatakan akan mempelajari situasinya lebih lanjut. "Saya akan mempelajari situasinya. Tapi seperti yang saya katakan, kami akan memikirkan kepentingan nasional kami," ujar Prabowo.

Prabowo bahkan menyarankan Jessica Washington untuk mengunjungi Papua secara langsung guna menilai situasi di sana.

Jessica sempat menyinggung insiden terbaru yang melibatkan dugaan penyiksaan oleh tentara Indonesia terhadap seorang tersangka pemberontak Papua.

Prabowo tetap fokus pada pandangannya bahwa tindakan pemerintahannya akan selalu didasarkan pada kepentingan nasional.

Dengan wawancara ini, Prabowo berupaya menunjukkan ketegasan dan komitmennya untuk menjaga kepentingan nasional Indonesia, khususnya dalam konteks penanganan konflik di Papua.

Pendekatan ini menekankan pentingnya stabilitas dan keamanan bagi seluruh rakyat Indonesia, meski harus menghadapi kritik dari berbagai pihak.***

Sumber Berita / Artikel Asli : bisnisbandung

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved