Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

"Neraka" Bocor di Negara Tetangga RI, 61 Orang Meninggal

 

Thailand, salah satu negara tetangga RI di Asia Tenggara saat ini bak 'neraka bocor' imbas gelombang panas.

Dilaporkan, cuaca panas di Negara Gajah Putih itu menewaskan hingga 61 orang sepanjang 2024 ini. Kementerian Kesehatan Thailand mengungkapkan angka tersebut telah melampaui catatan sepanjang 2023.

Kemenkes Thailand mengatakan pada Jumat (10/4/2024) bahwa 61 orang telah meninggal karena sengatan panas sejak awal tahun 2024, dibandingkan dengan 37 orang sepanjang 2023.

Gelombang cuaca panas di Thailand membuat pihak berwenang di negara tersebut mengeluarkan peringatan tentang cuaca panas hampir setiap hari.

Adapun, angka kematian tertinggi Thailand terjadi di wilayah timur laut Thailand. Wilayah tersebut juga merupakan pusat pertanian di Thailand.

Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia akan menghasilkan gelombang panas yang lebih sering, lebih lama, dan lebih hebat.

Meskipun fenomena El Nino turut mendorong terjadinya cuaca yang sangat hangat tahun ini, Asia juga mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan rata-rata global, menurut Organisasi Meteorologi Dunia PBB.

Apichart Vachiraphan, wakil Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, memperingatkan orang-orang dengan kondisi medis yang mendasarinya untuk membatasi waktu mereka di luar ruangan.

Kerajaan Arab Saudi tahun ini mengalami penundaan musim hujan, dengan cuaca panas terik yang berlangsung lebih lama dari biasanya.

Selain itu, badai telah melanda sebagian wilayah Thailand pada minggu ini, menurunkan suhu namun menimbulkan peringatan dari pihak berwenang mengenai potensi banjir bandang.

Pada bulan April, Thailand mencatatkan suhu 44,2 derajat Celcius di provinsi utara Lampang yang mana hanya sedikit di bawah rekor nasional sepanjang masa sebesar 44,6 derajat Celcius pada tahun lalu.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved