Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kapal bantuan untuk Gaza diperkirakan akan berangkat dari Siprus akhir pekan ini

LARNACA: Sebuah kapal yang membawa pasokan bantuan untuk Gaza bersiap berangkat dari Siprus pada hari Sabtu sebagai bagian dari upaya untuk membantu penduduk yang berada di ambang kelaparan.

Komisi Eropa mengatakan koridor bantuan maritim antara Siprus dan Gaza dapat mulai beroperasi pada awal akhir pekan ini dalam proyek percontohan yang dijalankan oleh badan amal internasional dan dibiayai oleh UEA.

Open Arms, sebuah kapal milik LSM Spanyol dan lebih terbiasa menyelamatkan migran di laut, diperkirakan akan dikerahkan dalam misi pertama. Kapal tersebut masih berada di pelabuhan Larnaca di Siprus pada Sabtu sore, menurut tayangan langsung dari Reuters TV, dan pihak berwenang tidak dapat memberikan waktu keberangkatan yang tepat.

Siprus terletak sekitar 210 mil barat laut Gaza, atau sekitar 15 jam waktu berlayar.

Secara terpisah, Amerika Serikat mengatakan pihaknya berencana membangun dermaga sementara untuk membawa bantuan ke Gaza, yang tidak memiliki infrastruktur pelabuhan. Mereka juga berencana untuk awalnya menggunakan Siprus, yang menawarkan proses penyaringan kargo yang akan mencakup pejabat Israel, sehingga menghilangkan perlunya pemeriksaan keamanan di Gaza.

Negosiasi mengenai kemungkinan gencatan senjata dalam perang Israel melawan Hamas masih menemui jalan buntu.

Palet beras, tepung dan protein dimuat di Larnaca pada hari Sabtu dalam sebuah operasi yang diselenggarakan oleh badan amal World Central Kitchen (WCK) dan sebagian besar didanai oleh UEA.

Badan-badan bantuan telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan lima bulan setelah Israel melancarkan kampanye melawan Hamas. Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza kini menjadi pengungsi internal, sehingga terjadi kemacetan parah dalam pengiriman bantuan di pos pemeriksaan perbatasan darat.

Koridor laut dari Siprus akan melengkapi upaya untuk meningkatkan pasokan bantuan, termasuk pengiriman makanan melalui udara.

Badan amal WCK telah bermitra dengan Proactiva Open Arms Spanyol dan menyediakan makanan tersebut.

“WCK dan mitranya sepakat akan dibutuhkan lebih dari satu kapal dan berupaya agar bantuan terus mengalir,” katanya dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa 500 ton bantuan lainnya telah siap untuk mengikuti pengiriman awal.

Juru bicara WCK mengatakan niatnya adalah untuk berlayar ke Gaza, tempat WCK dan mitranya sedang membangun dermaga. Hal itu tidak terkait dengan proyek dermaga AS.

Gaza berada di bawah blokade angkatan laut Israel sejak 2007, ketika Hamas mengambil alih wilayah tersebut. Hanya ada sedikit kedatangan laut langsung sejak saat itu. Pelabuhan Larnaca digunakan oleh aktivis pro-Palestina, yang menggunakan perahu layar kecil untuk masuk ke pelabuhan Gaza pada tahun 2008. [ARN]

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved