Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Temukan 'Kejanggalan' Dalam Sirekap

 

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu mengungkap temuan perolehan suara partai politik untuk pileg 2024 mengalami naik turun di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Aliansi Pemuda Kawal Pemilu meminta KPU segera mengevaluasi Sirekap.

"Bahwa dari rekapan hari, per jam pun itu ada yang naik, ada yang turun dalam data tersebut. Maka dari itu kita coba mengkaji ada apa di balik ini. Ternyata Sirekap ini sangat nggak efektif, mungkin KPU bisa mengevaluasi kembali terkait dengan sistem ini," ujar Koordinator Aliansi Pemuda Kawal Pemilu, Ikhlas Ade Putra, dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu ini terdiri dari DPP KNPI, BEM PTNU, Forum Advokat Pemuda Muhammadiyah, KOMPISATU, Swara Milenial Indonesia (SMI), Forum Pemuda Nusantara Bersatu (FPBN).

Ikhlas menilai KPU tidak siap dalam penyelenggaraan pemilu kali ini. Padahal menurut data ICW, kata dia, KPU mendapatkan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar.

"KPU juga lembaga independen, mendapat anggaran dari negara yang snagat besar sekitar Rp 3,5 miliar dari data ICW," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya juga meminta Bawaslu RI melakukan pengawasan secara optimal. Salah satunya dengan merekomendasikan penghentian penggunaan Sirekap.

"Kami meminta juga Bawaslu Rl melakukan fungsi pengawasan secara optimal dan merekomendasikan penghentian penggunaan Sirekap," kata dia.

"Dan apabila dalam waktu 1x24 jam KPU mengabaikan tuntutan ini, maka akan kami melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)," tambahnya.

Ikhlas juga menilai dengan naik turunnya data perolehan suara, merugikan sejumlah partai. Hal itu juga akan menimbulkan kecurigaan atas hasilnya nanti.

"Yang jelas tentu beberapa partai yang turun secara signifikan pasti itu sangat merugikan bagi kami ya itu, akan menimbulkan suatu kecurigaan-kecurigaan yang memang saling merugikan antar partai. Kita pengennya itu kan, pemilu ini secara damai, secara tentram," ungkapnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved