Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terungkap! Hasil Investigasi Ke RS Gaza, Salah Siapa?

 Terungkap! Hasil Investigasi Ke RS Gaza, Salah Siapa?

Fakta-fakta di balik ledakkan di Rumah Sakit al-Ahli di Gaza mulai terkuak. Hasil investigasi dari Al Jazeera mengungkapkan hasil analisisnya berdasarkan video yang menunjukkan detik-detik kejadian tersebut.

Sanad Agency Al Jazeera telah menyelidiki klaim Israel bahwa pemboman Rumah Sakit Arab al-Ahli di Gaza adalah akibat dari salah tembak roket dari Jihad Islam Palestina dan bukan akibat pengeboman tanpa henti Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Investigasi Sanad menganalisis rekaman berkode waktu dari beberapa sumber, termasuk siaran langsung oleh jurnalis Al Jazeera pada saat itu.

Juga diterjemahkan adalah rekaman langsung Gaza dari Israel, yang mengklarifikasi bahwa siaran langsung Al Jazeera terlambat 35 detik.

Penyelidikan mengungkapkan bahwa pernyataan Israel tampaknya salah menafsirkan bukti untuk membangun cerita bahwa salah satu kilatan cahaya yang dicatat oleh beberapa sumber adalah roket yang salah sasaran.

Berdasarkan tinjauan rinci terhadap semua video, analis Sanad menyimpulkan bahwa kilatan cahaya yang dikaitkan dengan Israel dengan salah tembak sebenarnya konsisten dengan sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel yang mencegat rudal yang ditembakkan dari Jalur Gaza dan menghancurkannya di udara.

Dalam hasil analisis dari siaran langsung Al Jazeera pada Selasa (17/10/2023) mulai pukul 18:45, Sanad mengidentifikasi empat serangan Israel ke Gaza yang menargetkan empat lokasi di sekitar rumah sakit pada pukul 18:54:28, 18:55: 03, 18:57:42, dan 18:58:04.

Sanad kemudian melakukan pengecekan silang antara video ini dengan video lain yang diambil dengan kamera.

Terletak di Selatan Tel Aviv, menunjukkan pemandangan luas ke arah Gaza, video tersebut menunjukkan serangkaian peluncuran roket dari Gaza dan dengan jelas menunjukkan bagaimana Iron Dome israel mencegat roket-roket ini.

Kemudian dalam siaran langsung Al Jazeera pada pukul 18:59:35, terlihat satu roket diluncurkan dari Gaza. Roket yang sama bisa dilihat dari video Israel.

Sekitar 15 detik kemudian, roket yang sama dipotong di udara oleh sistem Iron Dome Israel. Dalam rekaman video, tampak roket sepenuhnya hancur di udara.

Berdasarkan hasil analisis, roket yang dihancurkan ini merupakan yang terakhir diluncurkan dari Gaza sebelumnya terjadi ledakan di rumah sakit.

Setelah itu, 5 detik kemudian, terlihat ledakan di Gaza yang diikuti ledakan besar di rumah sakit 2 detik kemudian.

"Investigasi digital Al Jazeera tidak menemukan dasar bagi klaim tentara Israel bahwa serangan terhadap rumah sakit Arab al-Ahli di Gaza disebabkan oleh peluncuran roket yang gagal," tulis Al Jazeera, dikutip Jumat (20/10/2023).

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved