Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ribuan Warga Australia dan Inggris Hadiri Unjuk Rasa Pro-Palestina

 Ribuan Warga Australia dan Inggris Hadiri Unjuk Rasa Pro-Palestina

Ribuan orang menghadiri unjuk rasa pro-Palestina di ibu kota negara-negara bagian Australia pada Ahad, meskipun polisi mengancam untuk mengekang unjuk rasa tersebut, di tengah ketegangan setelah serangan mematikan Hamas ke Israel pada Sabtu, 7 Oktober 2023 lalu. 

Unjuk rasa pro-Palestina juga dilakukan ribuan orang di London, Sabtu.

Salah satu demonstrasi terbesar terjadi di Sydney, ibu kota negara bagian New South Wales yang paling padat penduduknya. Penyelenggara protes, Palestine Action Group, mengatakan sekitar 5.000 orang hadir, sementara seorang saksi dari Reuters memperkirakan kerumunan orang berjumlah sekitar 2.000 orang.

Terlihat banyak pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan “Bebaskan Palestina merdeka” di Hyde Park, Sydney, sementara ratusan polisi berpatroli di kawasan itu dan jalan-jalan terdekat, dan sebuah helikopter polisi berputar rendah di atas kepala kerumunan.

Polisi telah mempertimbangkan menerapkan kewenangan khususnya untuk menghentikan dan menahan para pengunjuk rasa dengan tujuan untuk melakukan penggeledahan, tetapi juru bicara Kelompok Aksi Palestina, Amal Naser, mengatakan kewenangan tersebut belum diterapkan. Unjuk rasa itu “sejauh ini damai”, kata Naser.

Selain Sydney, demonstrasi pro-Palestina diadakan pada Ahad di ibu kota negara bagian Adelaide dan Melbourne, juga dihadiri oleh ribuan orang, menurut The Guardian Australia.

Pada demonstrasi di Sydney, seorang warga Palestina bernama Ayah yang tinggal di Sydney mengatakan bahwa ia berada di sana untuk “bersikap damai, untuk mendukung negara saya, tidak ada hubungannya dengan pembakaran bendera”.

Pengunjuk rasa lainnya, Mustafa, yang ayahnya meninggalkan Gaza pada 1976, ikut serta dalam demonstrasi tersebut bersama ketiga anaknya.

“Kami tidak menentang orang-orang Yahudi, mereka sudah lama berada di Palestina berdampingan dengan umat Islam dan Kristen, kami semua orang Palestina. Kami menentang Zionis,” ujarnya.

Para penyelenggara mengatakan mereka berencana melakukan unjuk rasa lainnya dengan berjalan melalui pusat kota Sydney akhir pekan depan.

Sejak eskalasi konflik Palestina-Israel, negara-negara maju telah membatasi protes pro-Palestina karena khawatir konflik tersebut dapat memicu kekerasan di dalam negeri mereka masing-masing. Prancis melarang protes pro-Palestina pada hari Kamis dengan alasan bahwa hal tersebut kemungkinan besar akan “menimbulkan gangguan terhadap ketertiban umum”.

Di Sydney, polisi menangkap tiga pria pada hari Jumat di luar Museum Yahudi Australia di Sydney karena memberi hormat ala Nazi, media melaporkan. Kepala intelijen Australia telah menyerukan masyarakat untuk mengurangi ekspresi yang dapat menyulut ketegangan.

Unjuk Rasa di London

Ribuan demonstran pro-Palestina juga berbaris di pusat kota London, Sabtu, menyerukan diakhirinya aksi militer Israel di Jalur Gaza.

Para pengunjuk rasa, banyak dari mereka yang mengibarkan bendera Palestina dan tanda bertuliskan "Bebaskan Palestina", berkumpul di dekat Oxford Circus dan kemudian menuju ke Downing Street, kediaman resmi dan kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Nyanyian ditujukan kepada pemerintah Inggris dan Amerika Serikat yang mendukung Israel.

Belal Stitan, seorang pelajar berusia 22 tahun, mengatakan dia khawatir dengan keluarganya di Gaza.

"Tidak ada seorang pun di Gaza yang baik-baik saja. Keluarga saya semua ada di Gaza dan tidak satu pun dari mereka yang baik-baik saja," katanya, seraya menambahkan bahwa dia ingin kembali bisa berbicara dengan sepupunya tentang hal-hal normal seperti sepak bola dan bagaimana keadaan mereka di sekolah.

Asmat Malik, seorang apoteker berusia 29 tahun, mengatakan masyarakat marah atas apa yang mereka anggap sebagai penindasan terhadap warga Palestina selama beberapa dekade.

“Tetapi itu tidak berarti bahwa orang-orang memaafkan Hamas sedikit pun, karena menjadi pro-Palestina tidak berarti Anda anti-Semit. Saya pikir itu sangat penting untuk ditekankan,” katanya.

Polisi mengeluarkan peringatan sebelum "Pawai untuk Palestina" bahwa siapa pun yang memiliki bendera yang menyatakan dukungan terhadap Hamas atau kelompok lain yang dilarang sebagai teroris oleh Inggris akan ditangkap.

Saat demonstrasi berakhir, polisi mengatakan tujuh penangkapan telah dilakukan, empat di antaranya karena menolak melepas masker.

Tayangan televisi menunjukkan sekelompok pengunjuk rasa bentrok dengan polisi dan menembakkan kembang api ke arah mereka.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved