Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KPK Kembali Panggil Petinggi Kementan, Giliran Sekjen Kasdi Subagyono Diperiksa Penyidik

 KPK Kembali Panggil Petinggi Kementan, Giliran Sekjen Kasdi Subagyono Diperiksa Penyidik

Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono diagendakan menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus korupsi di Kementan pada hari ini, Selasa (10/9/2023).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, Kasdi dijadikan saksi untuk para tersangka dalam perkara ini.

"Benar, sebagai saksi untuk berkas perkara tersangka lain," kata Ali lewat keterangannya yang diterima Suara.com, Selasa.

Kasdi saat ini sudah berada di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Selain Kasdi, penyidik juga sebelumnya memanggil Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta pada Senin 9 Oktober 2023. Dia juga dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi. 

Kasdi bersama mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Muhammad Hatta termasuk dari sembilan orang yang dicegah KPK bepergian ke luar negeri sampai April 2023. Ketiganya sudah dikabarkan berstatus tersangka.

Kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian telah diusut KPK sejak awal Januari 2023. Kemudian pada 14 Juni 2023, KPK menyatakan meningkatkannya ke penyelidikan. Lalu pada 26 September KPK meningkatkannya ke proses penyidikan.

Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga pasal sekaligus, pemerasan dengan penyalahgunaan wewenang, dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang.

Rangkain penyidikan sudah dilakukan KPK, termasuk penggeledahan di rumah dinas Syahrul yang berada di Jakarta dan di rumah pribadinya di Makasar. KPK menyebut menemukan uang Rp 30 miliar, 12 pucuk senjata api, catatan keuangan, dokumen pembelian aset bernilai ekonomis.

Semetara di rumah pribadinya di amankan sejumlah dokumen dan satu unit mobil Audi A6. 

Kemudian penggeledahan juga dilakukan penyidik di rumah Muhammad Hatta yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penyidik menemukan sejumlah dokumen dan uang ratusan juta.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved