Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kelelahan Urus Negara, Luhut Diduga Alami Penyumbatan di Jantungnya

 Kelelahan Urus Negara, Luhut Diduga Alami Penyumbatan di Jantungnya

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku dirinya kelelahan parah. Dokter spesialis bedah menduga “menteri segala urusan” itu mengalami penyumbatan di jantungnya. 

Dokter Spesialis Bedah RS Royal Progress, dr. Ika Megatia, B.MedSc, SpB, FINACS, FICS mengingat usia Luhut yang sudah masuk kategori lansia, yaitu sudah berusia 76 tahun.

“Usia pak Luhut di atas 50 tahun, bisa saja fungsi jantung, fungsi paru sudah berubah, atau mungkin ada hipertensi. Saya tidak tahu, karena confidential (rahasia). Jadi kita harus lihat, jangan-jangan ada penyumbatan di jantung dan sebagainya,” kata dr. Ika dalam acara diskusi Operasi Minimal Invasif RS Royal Progress di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (10/11).

Dia menduga Luhut mengalami underfungsi, sehingga dari yang awalnya merasa baik-baik saja beraktivitas tapi karena usianya yang tidak muda dan kerja berlebihan membuatnya menjadi sangat kelelahan.

“Karena overtime badannya mulai berumur, sehingga terjadi underfungsi, dan itu membuatnya lelah sekali,” terang dr. Ika.

Selain itu, kelelahan parah yang dialami Luhut bisa juga disebabkan kondisi hemodinamik atau aliran darah ke seluruh tubuh.

“Kelelahan itu kembali lagi ke hemodinamik, artinya berapa banyak darah yang terpompa dan diserap ke jaringan yaitu fungsi jantung dan paru-paru,” jelasnya.

Berkaca dari yang dialami Luhut ini, dr. Ika mengingatkan masyarakat umum untuk bisa mengenali kondisi fisiknya, serta tidak memaksa tubuh bekerja berlebihan dengan aktivitas atau batasan tubuh yang tidak biasa.

“Kalau kita fit biasanya olahraga lari 2 kilometer enggak apa-apa. Tapi kalau enggak biasa jangan langsung lari,” sarannya.

Untuk diketahui, fatigue atau kelelahan parah yang perlu diwaspadai yakni kliyengan hingga sesak napas, dr. Ika tidak menyarankan untuk melanjutkan aktivitas karena bisa berbahaya.

“Itu sebaiknya stop, istirahat dulu. Kalau sudah istirahat dan pulih, silakan lanjut,” pungkas dr. Ika.

Sebagai informasi, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ini sedang menjalani perawatan di RS Singapura dengan tujuan memulihkan diri karena kondisinya yang drop.

“Sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya,” kata Luhut dalam caption unggahannya, Selasa, (10/10/2023).

Sumber Berita / Artikel Asli : eranasional

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved