Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel Kocar-Kacir Diserang Hamas: 250 Orang Tewas, Tank Hancur Dihantam Drone, dan Puluhan Ditawan

 Israel Kocar-Kacir Diserang Hamas: 250 Orang Tewas, Tank Hancur Dihantam Drone, dan Puluhan Ditawan

Hamas, penguasa de facto Jalur Gaza, melancarkan serangan mendadak ke Israel pada Sabtu pagi (8/10/2023). Ratusan pejuang Hamas menerobos masuk dan ratusan roket ditembakkan ke Israel.

Dalam beberapa video yang beredar di Youtube, terlihat tank andalan Israel, Merkava, juga hancur dibom menggunakan drone. Sementara itu puluhan tentara dan warga sipil Israel ditangkap dan ditawan oleh para pejuang Hamas.

Serangan Hamas itu dilancarkan tidak saja lewat darat dan menggunakan roket. Para pejuang Hamas juga menyerbu Israel lewat jalur laut menggunakan kapal-kapal kecil.

Setidaknya 250 orang Israel tewas dan 1500 lainnya terluka. Puluhan lainnya ditawan oleh Hamas dan bahkan diarak di Jalur Gaza.

Sebagai balasan Israel telah mengebom Gaza lewat udara maupun laut. Pasukan Israel telah disiagakan di bagian selatan wilayah yang berbatasan dengan Gaza.

Setidaknya 232 warga Gaza tewas dan 1.697 lainnya terluka akibat serangan balasan Israel.

Serangan umum Hamas itu berlangsung lebih dari 6 jam. Baku tembak terjadi di kantong-kantong wilayah Israel, bukan lagi di jalur Gaza seperti sebelumnya.

"Kami sedang berperang," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah siaran televisi.

Netanyahu memerintahkan mobilisasi masal dan memanggil seluruh pasukan cadangan Israel.

"Ini bukan operasi. Ini perang," tegas Netanyahu sembari berjanji akan melancarkan serangan balasan yang tidak akan dilupakan oleh Hamas.

Pada Sabtu malam, Israel memerintahkan pemutusan sambungan listrik ke Jalur Gaza. Pasokan bahan bakar dan barang-barang pokok juga dihentikan.

Serangan bertahap

Serangan Hamas ke selatan Israel diawali dengan tembakan serangan roket pada Sabtu subuh. Hujan roket itu berlangsung selama 30 menit dan jangkauannya bahkan mendekati ibu kota Tel Aviv.

Berikutnya para pejuang Hamas menerobos masuk ke tujuh wilayah Israel, menghancurkan pos-pos penjagaan dalam serangan yang sangat terorganisasi. Serangan juga dilancarkan melalui laut dan udara menggunakan paraglider.

Setelah berhasil masuk, pasukan Hamas merangsek ke pemukiman warga Israel sambil menentang senjata dan menawan tentara serta warga sipil. Mereka dibawa ke Jalur Gaza, disembunyikan di bunker bawah tanah dan dijadikan tawanan.

Selain tentara dan warga sipil, pejuang Hamas juga merampas kendaraan-kendaraan tempur Israel.

Aksi para pejuang Hamas direkam dan disebarkan di media sosial. Kendaraan yang dirampas disambut meriah oleh warga Gaza.

Sementara para tawanan juga diarak - meski ada pula yang sudah dalam kondisi tewas juga telanjang.

Serangan balasan Israel

Israel melancarkan serangan udara untuk membalas Hamas. Sejumlah gedung bertingkat di Gaza dihancurkan karena dituding sebagai tempat peluncuran roket. Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza juga terkena serangan udara Israel.

Dalam video yang disebar militer Israel, pengeboman juga dilakukan terhadap para pejuang Hamas yang berusaha masuk ke Israel. Sementara kapal-kapal perang Israel menghalau upaya infiltrasi lewat laut.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menegaskan Hamas sudah membuat kesalahan besar dengan menyerang Israel. Ia berjanji bahwa Hamas akan dihancurkan.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved