Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dukung Israel, Biden Salahkan Militan Palestina Atas Ledakan di Rumah Sakit Gaza

 Dukung Israel, Biden Salahkan Militan Palestina Atas Ledakan di Rumah Sakit Gaza

Sebuah ledakan besar di sebuah rumah sakit di Gaza menewaskan sejumlah besar warga Palestina, merusak misi diplomatik Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan pemimpin negara Arab setelah dia melakukan kunjungan ke Israel. 

Biden tiba di Israel untuk menunjukkan dukungannya terhadap perangnya melawan Hamas, tetapi setelah ledakan di rumah sakit tersebut, para pemimpin Arab membatalkan paruh kedua rencana perjalanannya, yaitu pertemuan puncak dengan negara-negara tetangga Arab di Amman.

Para pejabat Palestina menyalahkan serangan udara Israel atas ledakan besar dan bola api yang melanda rumah sakit Al-Ahli al-Arabi, dan mengatakan serangan itu menewaskan sebanyak 500 orang.

Israel mengatakan ledakan itu disebabkan oleh kegagalan peluncuran roket yang dilakukan kelompok militan Jihad Islam Palestina, namun mereka membantah bertanggung jawab. Biden, dalam pertemuan dengan Netanyahu, mendukung pernyataan Israel dan menyalahkan militan Palestina atas ledakan tersebut.

Berbicara bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Biden mengatakan: "Saya sangat sedih dan marah dengan ledakan rumah sakit di Gaza kemarin, dan berdasarkan apa yang saya lihat, tampaknya hal itu dilakukan oleh tim lain, bukan Anda."

“Tetapi ada banyak orang di luar sana yang tidak yakin, jadi kita punya banyak hal, kita harus mengatasi banyak hal,” tambah Biden sebagaimana dilansir Reuters.

"Dunia sedang mengamati. Israel mempunyai nilai-nilai seperti yang dimiliki Amerika Serikat, dan negara-negara demokrasi lainnya, dan mereka juga ingin melihat apa yang akan kita lakukan."

Kunjungan Biden ke Timur Tengah seharusnya dapat menenangkan kawasan tersebut, bahkan ketika ia menunjukkan dukungan AS terhadap sekutunya Israel, yang telah berjanji untuk memusnahkan gerakan Hamas yang para pejuangnya menewaskan 1.400 warga Israel dalam aksi kekerasan pada 7 Oktober.

Namun setelah ledakan di rumah sakit tersebut, Yordania membatalkan paruh kedua rencana perjalanan Biden: pertemuan puncak yang direncanakan di Amman dengan para pemimpin Yordania, Mesir, dan Otoritas Palestina untuk menambah bantuan ke Gaza dan mencegah perang yang lebih luas.

Netanyahu berterima kasih kepada Biden atas “dukungannya yang tegas”. Kantor Presiden Isaac Herzog mengatakan Herzog telah memberi tahu Biden: “Tuhan memberkati Anda karena telah melindungi bangsa Israel.”

Pemandangan kehancuran rumah sakit sangat mengerikan bahkan jika dibandingkan dengan standar 12 hari terakhir, yang telah menghadapkan dunia dengan gambaran yang tiada henti, pertama tentang warga Israel yang dibantai di rumah mereka dan kemudian keluarga Palestina yang terkubur di bawah reruntuhan akibat serangan balasan Israel.

Petugas penyelamat mencari puing-puing yang berlumuran darah untuk mencari korban yang selamat. Seorang kepala pertahanan sipil Gaza menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 300 orang, sementara sumber kementerian kesehatan menyebutkan 500 orang. Juru Bicara Kementerian Palestina Ashraf Al-Qudra mengatakan tim penyelamat masih mencari jenazah.

“Orang-orang berlarian ke bagian bedah sambil berteriak, 'Tolong kami, bantu kami, ada orang yang tewas dan terluka di dalam rumah sakit!'” kata Dr Fadel Naim, Kepala Departemen Bedah Ortopedi rumah sakit, yang baru saja menyelesaikan operasi dan hendak memulai lagi ketika ledakan terjadi.

“Rumah sakit itu penuh dengan korban tewas dan luka-luka, mayat-mayat yang terpotong-potong, dan meninggal,” katanya kepada Reuters.

“Kami mencoba menyelamatkan siapa pun yang dapat diselamatkan tetapi jumlahnya terlalu besar untuk dapat diselamatkan oleh tim rumah sakit… Kami melihat mereka hidup tetapi kami tidak dapat membantu mereka dan mereka menjadi martir.”

Israel kemudian merilis rekaman drone yang menunjukkan lokasi ledakan rumah sakit, yang menurut mereka menunjukkan bahwa mereka tidak bertanggung jawab karena tidak ada lubang dampak dari rudal atau bom apa pun.

Militer Israel juga menerbitkan apa yang dikatakannya sebagai rekaman audio "komunikasi antara teroris yang membicarakan tentang roket yang salah sasaran". Israel menambahkan bahwa angka warga Palestina yang mencapai 500 orang tewas tampaknya dilebih-lebihkan.

Warga Palestina yakin bahwa ledakan tersebut adalah serangan Israel, dan tidak ada peringatan bagi warga sipil untuk meninggalkan rumah sakit yang digunakan sebagai tempat berlindung bagi ribuan warga Gaza yang kehilangan tempat tinggal akibat pemboman Israel.

“Tempat ini menciptakan tempat berlindung yang aman bagi perempuan dan anak-anak, mereka yang lolos dari pemboman Israel,” kata dokter lain di rumah sakit tersebut, Ibrahim Al-Naqa, kepada Reuters.

Hamas dan Israel Saling Tuding Kesalahan Atas Serangan Roket di RS Gaza yang Tewaskan 500 Orang
“Kami tidak tahu apa nama proyektil tersebut, namun kami melihat dampaknya ketika proyektil tersebut menargetkan anak-anak dan mencabik-cabik tubuh mereka.”

Ledakan tersebut menimbulkan kemarahan baru di jalan-jalan di Timur Tengah, bahkan ketika Biden berusaha mati-matian untuk menenangkan emosi dan mencegah konflik menyebar melintasi perbatasan.

Pasukan keamanan Palestina menembakkan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan pengunjuk rasa anti-pemerintah di kota Ramallah, Tepi Barat, tempat kedudukan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, salah satu pemimpin Arab yang membatalkan pertemuan dengan Biden.

Protes juga meletus di kedutaan besar Israel di Turki dan Yordania serta di dekat kedutaan AS di Lebanon, di mana pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke arah para demonstran.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan baru kepada warga Amerika untuk tidak melakukan perjalanan ke Lebanon, tempat bentrokan perbatasan antara gerakan Hizbullah yang didukung Iran dan Israel selama seminggu terakhir merupakan yang paling mematikan sejak perang habis-habisan terakhir pada 2006.

Biden sangat mendukung Israel setelah serangan 7 Oktober. Namun ia berada di bawah tekanan kuat untuk memenangkan komitmen Israel yang jelas untuk meringankan penderitaan warga sipil di Jalur Gaza, di mana 2,3 juta warga Palestina berada di bawah pengepungan total, tanpa akses terhadap makanan, bahan bakar, air atau pasokan medis.

Militer Israel mengumumkan pada Rabu bahwa bantuan kemanusiaan akan tersedia di “zona kemanusiaan” di Al-Mawasi di selatan pantai Jalur Gaza dekat perbatasan Mesir. Namun tidak dijelaskan secara rinci bagaimana bantuan akan sampai ke sana.

Sumber Berita / Artikel Asli : okezone

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved