Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Media-Media Asing Soroti Konflik Rempang: Anak-anak jadi Korban, Polisi Menangkapi Warga

 Media-Media Asing Soroti Konflik Rempang: Anak-anak jadi Korban, Polisi Menangkapi Warga

Sejumlah media asing menyorot konflik Rempang sementara video-video kericuhan beredar luas di media sosial. Teriakan di antara kerumunan, dan batu-batu melayang sebagai manifestasi kemarahan yang tak terbendung. Langit yang biru tiba-tiba diselimuti oleh gas air mata, menjadikan mata pedih dan pernapasan tersengal. Rempang menghadapi hari-hari yang keras. 

Sengketa terkait penggusuran ini telah memanas selama beberapa bulan, setelah pemerintah mengumumkan bahwa 7.500 penduduk Rempang harus pindah ke daratan, sekitar 60 km dari rumah mereka yang berada di pantai. Banyak dari mereka mencari nafkah dari laut, menjual ikan, kepiting, udang, dan makanan laut lainnya yang mereka tangkap secara lokal.

Kantor berita Reuters memberitakan pada Selasa, 12 Septemer 2023, polisi Indonesia telah menangkap 43 orang di Rempang yang dituduh menciptakan kerusuhan dan menyerang polisi selama protes terkait rencana pemindahan masyarakat untuk taman industri bernilai miliaran dolar.

Alasan polisi menangkapi sejumlah warga

Adegan kekerasan pecah pada Senin di Pulau Rempang, yang terletak sekitar 44 km dari Singapura, di mana sekitar 1.000 demonstran berkumpul di depan kantor BP Batam, salah satu pengembang dari Rempang Eco City yang direncanakan.

Video menunjukkan para demonstran melemparkan botol dan batu ke arah polisi serta meruntuhkan pagar, sementara petugas merespons dengan semprotan air dan gas air mata.

Rempang Eco City akan menjadi rumah bagi pabrik yang dioperasikan oleh produsen kaca asal China, Xinyi Glass Holdings Ltd, yang telah berkomitmen untuk membangun pabrik pengolahan pasir kuarsa senilai $11,5 miliar setara dengan sekitar 166,75 triliun rupiah di taman tersebut.

"Kami menangkap mereka karena tindakan merusak dan melawan polisi," kata Pandra Arsyad, juru bicara polisi Kepulauan Riau, menambahkan bahwa para pengunjuk rasa dibubarkan pada sore hari.

Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Selasa mengatakan pemerintah berencana memberikan tanah dan rumah kepada setiap penduduk sebagai kompensasi atas pemindahan.

"Tetapi ini tidak dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. Jadi, itu menjadi masalah," katanya, merujuk pada protes tersebut.

Para penduduk enggan pindah setelah tinggal di tanah tersebut selama bertahun-tahun, kata Ariastuty Sirait, juru bicara BP Batam, sambil menambahkan bahwa mereka akan menerima bantuan tunai sampai pemukiman baru selesai, dan sekitar 700 keluarga akan dipindahkan dalam tahap pertama.

Anak-anak menjadi korban

Media asing lainnya, Al Jazeera menurunkan laporan pada Jumat, 15 September 2023, polisi, yang telah menggunakan semprotan air dan gas air mata, dituduh menggunakan kekuatan berlebihan. Puluhan orang telah ditangkap.

Media itu juga menyebutkan, rekaman video muncul di media sosial yang menunjukkan polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan dalam salah satu protes di Rempang. Demonstrasi tersebut berada di dekat dua sekolah lokal, dan video menunjukkan orang-orang, termasuk anak-anak yang mengenakan seragam, berlarian mencari perlindungan.

Lilis, seorang nenek berusia 57 tahun, mengatakan bahwa protes tersebut damai sebelum gas air mata ditembakkan.

"Pihak berwenang tidak mengatakan apa-apa untuk memperingatkan kami. Mereka hanya berkata, 'Satu, dua, tiga, tembak,'" katanya kepada Al Jazeera.

"Saya segera memikirkan cucu saya yang bersekolah di sekolah di sebelah jalan, dan saya berlari ke sana untuk memastikan dia aman," jelasnya.

Cucunya, Wisnu, yang berusia 12 tahun, mengingat bahwa dia sedang dalam kelas bahasa Inggris ketika dia mendengar suara tembakan, dan bahwa para siswa dan guru langsung melarikan diri ke belakang sekolah dan berkumpul di hutan sekitarnya.

"Saya pikir polisi akan datang ke sekolah dan menembak kami," katanya. "Saya pikir mereka menggunakan peluru nyata. Beberapa teman sekelas saya pingsan karena gas air mata, dan sulit untuk bernapas."

Dia mengatakan pengalaman itu membuatnya trauma.

"Saya takut untuk pergi ke sekolah sekarang, takut mereka akan kembali," katanya kepada Al Jazeera.

Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia telah mempromosikan proyek ini, mengatakan bahwa proyek ini akan menciptakan sekitar 35.000 lapangan kerja dan menarik investasi sekitar $26,6 miliar hingga tahun 2080.

Pendapat pakar dari Universitas Murdoch di Perth

Ian Wilson, seorang dosen dalam bidang politik dan studi keamanan di Universitas Murdoch di Perth yang telah mempelajari penggusuran paksa di Indonesia, mengatakan bahwa situasi di Rempang adalah bagian dari "praktik yang sayangnya umum dalam melihat populasi lokal sebagai hambatan bagi pembangunan".

"Ini adalah cara yang keras untuk mengelola orang secara struktural," tambahnya.

Meskipun rencana untuk mengembangkan Rempang telah berlangsung selama hampir 20 tahun, warga setempat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka baru diinformasikan pada awal September bahwa mereka harus pindah dari desa mereka sebelum akhir bulan.

Pengumuman tiba-tiba ini mengejutkan banyak warga dan memicu gelombang protes baru, termasuk unjuk rasa minggu lalu di Rempang.

Setelah video tersebut menjadi viral, otoritas setempat mengatakan bahwa mereka tidak menembak langsung ke sekolah menengah atau sekolah dasar tetangga, tetapi gas air mata itu terbawa angin.

Siti, seorang guru di sekolah dasar, mengatakan bahwa setelah pihak berwenang mulai melepaskan gas air mata, orangtua bergegas ke sekolah untuk mengambil anak-anak mereka.

"Kami bisa mendengar ledakan semakin keras, dan anak-anak mulai gemetar dan berlari, mencoba bersembunyi dan melindungi diri," katanya. "Semua orang berteriak."

Siti mengatakan dia membutuhkan oksigen di klinik lokal akibat menghirup gas air mata, yang katanya menyebabkan kram perut dan nyeri dada serta membuatnya sulit bernapas.

Salah satu pembicara utama dalam demonstrasi tersebut, Raja Zainudin, kepala Kebudayaan Melayu Kepulauan Riau, mengatakan bahwa kelompok adat Melayu telah bergabung dalam protes karena mereka telah berada di wilayah ini selama berabad-abad, mencari nafkah dari tanah dan laut di sekitarnya.

"Mereka yang ingin mengembangkan pulau ini perlu memahami sejarahnya," katanya. "Pelajari sejarahnya, pelajari budayanya, dan pelajari cara hidup masyarakat lokal."

Wilson dari Universitas Murdoch mengatakan bahwa memindahkan orang dari tanah yang penting strategis ke tempat yang jauh dari mata pencaharian mereka salah memahami sifat komunitas adat.

"Yang dilakukan hanyalah mengokohkan ketidakuntungan dan kemiskinan, serta pemutusan hubungan sosial yang kompleks, yang pada dasarnya mengganggu cara pemerintah tidak dapat memahaminya," katanya.

"Dalam proses pembangunan, mereka menghancurkan kehidupan orang," tegasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli: Wartabulukumba

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved