Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] BRIN Sebut Tak Ada yang Mau Beli Nikuba di Italia




Aryanto Misel berkeinginan menjual temuannya, Nikuba, alat pengubah air menjadi bahan bakar kendaraan, ke pihak otomotif Italia. Hal tersebut direspons Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan menyebut tak ada satu pun pihak Italia yang tertarik membeli temuan pria asal Cirebon itu.

"Seperti di Italia kemarin kan tidak ada yang mau," kata Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu di kantornya kawasan Jakarta Pusat, Jumat (14/7). 

Nikuba sebelumnya dikabarkan 'go international' setelah mendapat atensi dari mancanegara. Teknologi ini mendapat kesempatan dikenal lebih jauh oleh sejumlah pabrikan otomotif asal Italia.

Aryanto Misel dan tim kemudian berangkat ke Italia pada 16 Juni dan mempresentasikan inovasinya pada 18 Juni 2023.

Usai pulang ke Indonesia dari Italia, muncul video viral wawancara Aryanto yang menyatakan ingin menjual Nikuba ke pihak asing seharga Rp15 miliar.

Aryanto berkeinginan mendanai risetnya lewat kerjasama dengan pihak asing yang memang tertarik atas temuannya. Dari sana ia mau mendanai sendiri pengembangan riset tanpa bantuan siapapun.

Haznan mengatakan pembelian sebuah temuan sebetulnya diserahkan kepada kedua belah pihak, antara penjual selaku penemu inovasi dan pembeli yang memang berminat. Tak ada aturan baku membawahi kegiatan tersebut. 

Bahkan dikatakan siapa pun boleh menjual sebuah temuan ke pihak mana saja, sekalipun inovasi itu belum berlandaskan pembuktian uji ilmiah dari lembaga terpercaya.

"Tergantung yang mau membeli. Kalau yang mau membeli tidak perlu sertifikasi (ilmiah), ya silakan. Ya misalkan Ferrari mau beli ya silahkan. Tapi kan kenyataannya tidak mau," ungkap dia.

Haznan juga mengaku pihak BRIN, yang merupakan lembaga resmi di bawah pemerintah ini tak ambil pusing jika ada anak bangsa yang memilih menjual hasil temuan dan risetnya ke pihak asing.

"Iya silakan saja kalau mau. Kalau ada yang mau," ucap dia.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Aryanto Misel namun belum ada tanggapan. 

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved