Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bandingkan dengan Ganjar dan Prabowo di Rakernas Apeksi, Pemerhati Sosial Politik: Pidato Anies Menyentuh soal Paling Fundamental


 Ketiga tokoh bakal calon presiden (bacapres), yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan mengemukakan gagasannya di hadapan wali kota se-Indonesia, di Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7).

Ketiganya sepakat melanjutkan pembangunan yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo berkali-kali memuji konsep pembangunan yang digagas Presiden Jokowi. Keduanya sepakat jika diberi mandat oleh rakyat menjadi presiden, akan melanjutkan pembangunan. 

Sementara, bagi Anies Baswedan, ia menyebut jika pembangunan baik untuk rakyat, ia bertekad untuk melanjutkan.

Anies Rasyid Baswedan mengupas sejumlah persoalan dihadapi oleh perkotaan. Mulai dari masalah pemerataan pembangunan, urbanisasi, lingkungan dengan kualitas udara buruk, hingga kemandirian fiskal.

Terkait ketiga bakal capres tersebut, salah seorang pemerhati sosial politik yang juga pegiat media sosial, Munir, memberi kesan positif terhadap Anies Baswedan dibanding dua bacapres lainnya.

"Kepemimpinan beda kelas. Dalam forum Walikota se-Indonesia itu, @aniesbaswedan membicarakan urgensi pembangunan nasional, menyentuh soal paling fundamental, yakni ketimpangan antar daerah," tulis Munir dikutip dari akun twitternya, @Munir_Timur, Jumat (14/7/2023).

Dari data IKFD (Indeks Kapasitas Fiskal Antar Daerah) Kemenkeu, lanjut Munir, tanda merah pada infografis merupakan daerah dengan IKFD sangat rendah dan rendah. Persentasenya 42%. Sedangkan daerah dengan IKFD sangat tinggi 25,7%. Yang IKFD sedang 22,8%.

IKFD yang sangat rendah, menunjukkan ketimpangan antar daerah, karena daerah tersebut masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat atau daerah lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"@aniesbaswedan memahami problem mendasar Indonesia lebih baik dari Ganjar. Itulah pemimpin, dia paham apa dan ke mana urgensi pembangunan, yakni menuju pemerataan dan keadilan!," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies menyebut, potret foto satelit di malam hari menampilkan daerah yang diselimuti cahaya cenderung didominasi oleh wilayah Jawa. Sementara daerah yang tergelap ada di Indonesia bagian timur. Anies tidak ingin terjadi ketimpangan seperti itu lagi jika ia terpilih menjadi presiden.

"Kita ingin seluruh kota di Indonesia menjadi terang, jangan sampai kota kita gelap, karena kalau gelap ekonomi itu rendah," ujar Anies dalam Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Makassar, Kamis, 13 Juli.

Kemudian masalah urbanisasi, Anies memperkirakan 70 persen penduduk di Indonesia akan berada di wilayah perkotaan pada 2045. Kondisi ini akan menyebabkan ketimpangan dengan kawasan desa. 

"2045, 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan, sekarang posisinya 57 persen, kalau tidak serius nanti kita ulangi lagi masalah di Jakarta," ujarnya.

Menurutnya, isu-isu perkotaan perlu ditangani badan khusus. Selama ini yang tertangani hanyalah kawasan pedesaan dengan hadirnya Kementerian Desa, sedangkan setingkat kota sama sekali tidak ada.

"Nanti ada badan khsususnya, apakah kementerian, atau badan, harus ada yang mengkoordinir masalah perkotaan, hari ini belum ada yang mengkoordinir soal perkotaan, yang ada hanya pedesaan," usul Anies.

Sementara itu, ditanya soal sejumlah proyek nasional yang digagas pemerintahan saat ini, Anies memastikan seluruh proyek yang memberikan manfaat yang nyata ke masyarakat ini akan tetap berlanjut.

"Tadi saya sampaikan diteruskan, dikoreksi, dihentikan dan baru dilakukan, hal yang baik dan memberikan manfaat, jangan khawatir, justru itu akan ditingkatkan," tegas Anies.

Baca Juga: Anas Urbaningrum akan Berpidato soal Korupsi Hambalang, AHY: Bukan Urusan Kami

Sementara terkait IKN, Anies mengemukakan jika IKN memiliki dasar yang baik, Anies menilai itu akan berjalan dengan mulus pula.

Sumber Berita / Artikel Asli : kontenjatim

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved